Senin, 14 April 2014

Kerajinan-Kerajinan Kayu di Indonesia dan Hasil Kerajinan Kayu Asli Indonesia



Kayu adalah bentuk paling umum benda yang dimanfaatkan disekitar kita, pada dasarnya kayu banyak dijadikan kerajinan tangan, dan tentu saja seperti judul di atas saat ini  saya akan membahas tentang kerajinan tangan dari kayu. Berbeda dengan rotan, dan bambu, bahan dasar kerajinan kayu walaupun lebih umum ditemui tapi lebih susah didapatkan daripada bambu, ini dikarenakan asal mula kayu yang dari pohon banyak dilindungi pemerintah dari beberapa jenisnya.

Kerajinan tangan dari kayu dalam pengolahannya tidak berbeda jauh dengan kerajinan bambu, bahkan kerajinan dari kayu bisa dibilang lebih mudah dalam pengolahannya. Di Indonesia kerajinan tangan dari bambu sudah banyak pengrajinnya, mereka pada umumnya banyak membuat kerajinan tangan dari kayu secara sederhana dan tradisional, sudah banyak bentuk dan tipe kerajinan tangan dari kayu yang sudah diciptakan para pengrajin – pengrajin Indonesia, bahkan hasil kerajinannya tidak main – main, para pengrajin sudah tidak sedikit lagi yang mengekspor hasil kerajinannya ke luar  negeri.

Permintaan pasar kerajinan kayu di Indonesia cukup tinggi, permintaan pasar pada umumnya menyukai sesuatu yang unik, tapi tentu saja permintaan pasar kerajinan kayu luar negeri lebih tinggi daripada permintaan lokal, permintaan pasar  yang semakin besar  membuat para pengrajin semakin susah unuk mendapatkan bahan baku pokok, pengrajin pada umumnya memiliki kayu faforit untuk dijadikan kerajinan tangan, untuk menyikapi itu semua para pengrajin kerajinan tangan biasanya bekerja sama dengan para pengrajin lain yang membuat kerajinan – kerajinan besar, seperti mebel dan almari yang pemanfaatannya lebih kepada guna, tidak seperti kerajinan  tangan yang pemafaatannya lebih kepada penghias ruangan.

Banyak dari pengrajin  kerajinan tangan bekerjasama dengan pera pengrajin, salah satunya dengan yang saya jelaskan tadi si pengrajin barang-barang perabot. Para pengrajin perabot biasanya banyak menyisakan kayu-kayu bekas dalam pengolahannya, inilah yang menjadi keuntungan para pengrajin kerajinan tangan untuk memanfaatkan limbah kayu bekas dari pengrajin perabot.

Para pengrajin kerajinan tangan bukan berarti tidak bisa membuat barang – barang perabot, bahkan banyak pengrajin kerajinan tangan satu tempat produksi dengan para pengrajin perabot, atau para pengrajin kerajinan tangan itu juga pengrajin perabot, itulah yang menjadi dasar pemanfaatan limbah kayu kerajinan perabot menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai seni tinggi.

Tentunya dalam pengolahannya para pengrajin sudah menciptakan banyak berbagai karya yang  menarik, dan semua itu sudah tak terhitung lagi banyaknya. Tapi kali ini saya akan menunjukkan beberapa kerajinan tangan dari kayu yang banyak dijumpai di sekitar kita:


11.    Miniatur kendaraan
kerajinan kayu

Miniatur kendaraan pada kerajinan tangan kayu merupakan bentuk kerajinan tangan yang paling umum, banyak pengrajin yang membuat miniatur kendarran dari kayu, biasanya para pengrajin banyak membuat miniatur sepeda motor harley davidson, miniatur ini seperti Faforit para pengrajin miniatur kendaraam, baik para pengrajin bambu, rotan maupun pengrajin kayu.

22.    Kaligrafi

kerajinan kayu
Sifat kayu yang mudah dibentuk mengikuti pola membuat banyak para pengrajin membuat kaligrafi dari kayu, kaligrafi dari kayu lebih laris dipasaran daripada kaligrafi tulisan, nilai seni yang tingi membuat para konsumen lebih tertarik kaligrafi dari kayu ini.

33.   Miniatur rumah
kerajinan kayu

Tidak hanya dalam miniatur saja, pembangunan rumah aslinya pun tidak lepas dari adanya kayu, miniatur rumah dari kayu lebih sulit pembuatannya dari pada miniatur kendaraan, tergantung dari banyaknya komponen rumah yang digunakan dalam pembuatan miniatur rumah.

44.  Patung
kerajinan kayu

Patung dari kayu adalah bentuk yang umum juga selain miniatur kendaraan, patung dari kayu bisa dibilang sulit dalam pembuatannya, walaupun komponennya hanya satu glonggong kayu yang dipahat dan dibentuk menjadi sebuah patung. Biasanya para pengrajin membuat patung dari kayu mengikuti bentuk awal dari kayu.

5. Topeng


Ragam dari kerajinn topeng ini sangat banyak, biasanya para pengrajin membuat topeng dari tokoh-tokoh cerita jaman dulu.

dan asih banyak lagi tentunya kerajinan-kerajinan kayu yang lain, saya akan posting di postingan lainnya.
Semoga bermanfaat. Terima kasih telah mampir di blog ini :)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar