Sabtu, 12 April 2014

5 Hasil Kerajinan dari Batok Kelapa



Kelapa memang dikenal memiliki banyak manfaat. Hampir seluruh bagian dari kelapa, mulai dari batang daun, buah bahkan akarnya bisa dimanfaatkan. Pada umumnya kelapa banyak dijadikan makanan, tapi limbah dari kelapa juga banyak yang dijadikan kerajinan tangan , hasil dari kerajinan tangan kelapa kebanyakan dihasilkan pada bagian tempurung dan sabutnya.
Di Indonesia kerajinan tempurung kelapa masih minim, ini dikarenakan pengrajin tempurung hanya membuat tempurung kelapa hanya sebuah alat pembantu sederhana seperti centong kuah. Para pengrajin tempurung kelapa biasanya terbagi ke dalam dua jenis yaitu pengrajin kelapa hias dan kerajinan kelapa untuk kebutuhan. Berikut kerajinan-kerajinan kelapa hias.

1     1.       Cangkir 
kerajinan batok kelapa

Bentuk bulat pada tempurung kelapa inilah yang dimanfaatkan menjadi cangkir, cangkir pada tempurung kelapa pada umumnya lebih besar pada cangkir pada umumnya. Biasanya cangkir pada tempurung kelapa  digunakan minum kopi yang terbuat dari daun kopi.

2     2.      Celengan 
 kerajinan batok kelapa 
Seperti halnya pada cangkir, celengan dari tempurung kelapa memanfaatkan bentuk bulat dari tempurung tersebut. Celengan dari tempurung kelapa ini memiliki banyak bentuk dan desain yang menarik.

3    3.      Figura

kerajinan batok kelapa

Dalam pembuatan figura dari batok kelapa tidak mempunyai proses yang sama pada cangkir dan celengan, kesuali pennghasulan dan pengaplasan. Pada pembuatan figura batok kelapa dipotong-potong lagi menjadi bagian-bagian sesuai dengan pola seni sang pengrajin. Sentuhan tangan-tangan kreatif membuat figura ini menjadi karya seni tinggi yang terkesan alami.

4    4.    Miniatur kendaraan

kerajinan batok kelapa

Minirur kendaraan dari tempurung kelapa adalah kerajinan yang sulit dalam pembuatan kerajinan miniatur ini, ini dikarenakan komponen-komponen yang ada pada miniatur kendaraan lebih banyak, ditambah lagi sifat dari tempurung kelapa yang tigak elastis dan itu menjadi Nilai kelebihan pada miniatur kendaraan dengan menggunakan batok kelapa.

5     5.   Alat makan

kerajinan batok kelapa

Sama sepeti cangkir, alat makan seperti sendok, piring, pengaduk sayur ini juga sama pengolahannya dengan cangkir hanya saja pembentukannya menjadi sendok dan piring dengan menggunakan proses yang berbeda.

Itulah 5 kerajinan tangan yang dibuat dari sabut kelapa. Semoga artilel ini bermanfaat, dan permohonan dari penulis sendiri untuk minta kritik dan sarannya guna memajukan blog ini ^_^t

1 komentar:

  1. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus