Jumat, 11 April 2014

4 Kerajinan yang Terbuat dari Rotan

Rotan memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan hidup manusia, tanaman asli Indonesia ini banyak dijadikan masyarakat Indonesia sebagai kerajinan tangan, baik sebagai hiasan maupun sebagai alat pembantu sehari-hari, dikarenakan bentuknya yang luwes membuat rotan mudah untuk dibentuk menjadi berbagai kerajinan tangan, selain itu umur tumbuh rotan yang singkat untuk dipanen menjadikannya lebih menguntungkan daripada kayu.

 kerajinan rotan

Rotan pada umumnya dibentuk menjadi mebel-mebel sederhana seperti kursi, meja dan alat-alat lain seperti wadah angkut yang sering kita lihat di sepeda motor. Proses pengolahan rotan menjadi kerajinan tangan pun membutuhkan proses yang tidak sedikit, seperti halnya kerajinan tangan pada umumnya, proses tersulit pada pembuatan kerajinan tangan rotan adalah preoses perangkainnya yang rumit, rotan tidak bisa langsung di rangkai menjadi kerajinan tapi harus melalui tahap seperti penjemuran agar rotan menjadi lebih lentur dalam perangkaian. 

1. Meja dan Kursi

kerajinan rotan

Yang paling umum dari kerajinan tangan rotan adalah meja dan kursi yang terbuat dari rotan, banyak pengrajin rotan yang membuat meja dan kursi ini dikerenakan pasar meja dan kursi dari rotan lebih luas. Meja dan Kursi dari rotan pada umumnya memiliki banyak model dan ukuran, dari yang sederhana sampai yang terkesan futuristik tergantung dari kepandaian merangkai pengrajin.


2. Penggebuk Kasur

kerajinan tangan

Mungkin untuk saat ini kerajinan rotan yang satu ini sudah cukup langka, dahulu ketika masih banyak masyarakat yang menggunakan kasur kapuk banyak masayarakat yang menggunakannya untuk menggebuk (memukul-mukul) kasur ketika dijemur. Untuk sekarang masyarakat sudah beralih ke kasur Springbed yang idak perlu lagi menggunakan penggebuk kasur dari rotan ini.

3. Tas 

kerajinan rotan

Tas dalam kerajinan rotan adalah salah satu hasil yang banyak di jumpai pada industri kerajinan rotan, sama seperti meja dan kursi dari rotan, tas dari rotan juga memiliki banyak model dan bentuk, pada umumnya tas dari kerajinan rotan ini hanya digunakan wanita saja, banyak toko online yang menjual kerajinan tas dari rotan ini.

4. Tudung Saji 

kerajinan rotan

Tudung Saji dari rotan menjadikan meja makan terkesan lebih alami, tak banyak pengrajin membuat tudung saji dari rotan, para pembeli tudung saji pada umumnya lebih memilih tudung saji plastik dikarenakan lebih murah, padahal ditinjau dari keawetannya saya yakin tudung saji dari rotan lebih tahan lama. 

Itulah beberapa kerajinan tangan dari rotan selain memiliki nalai seni kerajinan rotan juga ramah lingkungan ^_^

3 komentar: