Minggu, 13 April 2014

4 Alat Musik Umum Yang Terbuat dari Bambu



Bambu memang dikenal masyarakat Indonesia memiliki banyak manfaat dan guna. Mulai dari akar hingga pucuk daunnya tak satupun dari bagian bambu yang tidak bisa dimanfaatkan. Pemanfaatan bambu pada dasarnya dengan cara mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang penuh nilai seni, mulai dari kerajinan tangan yang sederhana hingga kerajinan tangan yang memiliki kerumitan yang tinggi. Yang paling umum dari kerajinan tangan bambu adalah meja dan kursi yang terbuat dari bambu. Meja dan kursi dari bambu sudah sangat familiar dalam pembuatannya di Indonesia.
Bambu selain dikenal dijadikan kerajinan tangan yang berguna juga dikenal sebagai bahan utama pembuatan alat-alat musik tradisional di Indonesia, alat-alat musik tradisional dari bambu di Indonesia tersebar di berbagai wilayah Republik Indonesia, salah satunya ialah angklung di jawa barat yang sudah terkenal hingga seluruh dunia. Berikut adalah alat-alat musik yang terbuat dari bambu.

1.       Suling
Suling adalah alat musik yang proses permainannya adalah dengan cara ditiup di daerah lobang tiupan, suara yang dihasilkan suling ini terdengar lembut daripada alat musik lain yang berbeda cara permainannya. Suling biasanya hanya sebagai pelengkap suara dalam suatu grub permainan, biasanya alat musik suling ini bergenre dangdut.

2.       Gamelan
alat musik bambu

Gamelan adalah alat musik tradisional jawa yang proses permainannya adalah dengan cara dipukul dengan pemukul yang sudah satu set dengan alat musik gamelan tersebut. Alat musik Gamelan aslinya berasal dari jawa yang kemunculannya didahului oleh budaya hindu-budha yang dari jaman ke jaman mengalami proses perkembangan instrumen hingga sampai seperti saat ini.

3.       Angklung
alat musik bambu

Siapa yang tak kenal alat musik yang satu ini? walaupun bukan alat musik modern namun alat musik yang berasal dari sunda Jawa Barat ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Yang menjadikan alat musik angklung ini berbeda dengan yang lain adalah cara permainannya yang bukan dengan cara dipukul atau ditiup, melainkan dengan cara digoyang. Angklung saat ini sudah menjadi hak paten Indonesia karena UNESCO telah menetapkan alat musik angklung sebagai warisan asli Indonesia.

4.       Calung
alat musik bambu

Tak berbeda jauh dengan angklung alat musik yang satu ini juga berasal dari Jawa Barat , walaupun berasal dari satu provinsi namun dari segi cara permainannya calung berbeda dengan angklung, jika pada angklung  cara memainkannya dengan cara digoyang maka pada calung proses memainkannya dengan cara dipukul bambunya berdasarkan nada yang sudah tersusun sesuai dengan laras nadanya.

5.       Sasando
alat musik bambu

Nusa Tenggara Timur pun juga memiliki alat musik yang terbuat dari bambu. Berbeda pada alat musik bambu lainnya, sasando memilki bentuk dan proses memainkannya yang tidak sama, ini dikarenakan bunyi yang dihasilkan dari sasando adalah buka dari bambunya, melainkan dari bunyi senarnya, mirip dengan alat musik kecapi dalam memainkannya.

Itulah beberapa alat musik asli indonesia yang terbuat dari bambu, semoga artikel ini bermanfaat. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar